Siapa saja orang-orang muda di daftar 40 terkaya majalah Forbes Indonesia? Ada dua orang yang masih berusia 30-an tahun, dan seorang berusia 41 tahun.

Di posisi 20 ada Ciliandra Fangiono, 34 tahun, dengan kekayaan sebesar USD 1,1 miliar. Dia mengepalai First Resources yang mengelola 100 ribu hektar lahan minyak kelapa sawit di Sumatra dan Kalimantan. Bersama sejumlah saudaranya, Ciliandra menguasai 85 persen saham perusahaan itu. First Resources didirikan Martias, ayah Ciliandra, yang sejak 2003 tak banyak melibatkan diri di perusahaan itu.

Agus Lasmono Sudwikatmono, 39 tahun, memiliki kekayaan sebesar USD 845 juta. Dia adalah wakil presiden komisaris di Indika Energy, penambang batu bara. Agus adalah putra eksekutif papan atas dari grup Salim, Sudwikatmono--sepupu mantan presiden Soeharto.

Lalu ada Sandiaga Uno, 41 tahun. Ia tercatat berkekayaan USD 795 juta, hampir dua kali lipat tahun sebelumnya yang USD 400 juta. Ia ikut mendirikan Saratoga Capital bersama Edwin Soeryadjaya (di posisi 13 terkaya) pada 1998. Ia juga turut mengangkat Adaro Energy ke salah satu perusahaan penambang batu bara kedua terbesar di Indonesia. Tahun ini, ia sempat mencalonkan diri menjadi kepala Kamar Dagang Indonesia, tapi gagal.

 
 
VIVAnews - Hubungan yang sehat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan jiwa. Namun, kerapkali kita terjebak dalam hubungan dengan sosok yang memiliki karakter 'negatif'. Mereka umumnya sering mengeluh, mudah marah, atau tidak sabar.

Mengenali karakter seseorang di awal perkenalan menjadi penting. Apalagi jika ada prospek melanjutkannya dalam hubungan yang lebih serius. Kenali sejumlah karakter seseorang, seperti dikutip dari Times of India.

1. Memelihara masa lalu

Beberapa orang menolak melepaskan masa lalu dan cenderung 'merawat' kenangan menyakitkan. Akibatnya, orang ini hidup dengan kemarahan dan kepahitan. Bila terjadi terus menerus, dapat mempengaruhi orang yang berada di sekitarnya.

Solusi: Jika mereka mulai memunculkan subjek masa lalu, jangan ragu memberitahu dia bahwa Anda tidak ingin membicarakannya.

2. Mengasihani diri sendiri

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada orang yang merasa menanggung beban seluruh dunia. Alih-alih mencari solusi, orang tipe ini terus mengasihani diri sendiri dan tidak melihat jalan keluar.

 

Solusi: Tawarkan bantuan dan jika masih tidak mau berubah, sebaiknya menjauh darinya.

3. Munafik

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada berhubungan dengan orang yang memiliki sifat 'lain di mulut lain di hati'. Di depan Anda, dia muncul orang yang paling manis, namun bersikap sebaliknya di belakang Anda.

Solusi: Jika Anda menangkap ini terjadi berulangkali kepada orang lain, segera jauhi. Bukan tidak mungkin dia melakukan hal serupa kepada Anda.

4. Selalu negatif

Dia adalah jenis orang yang selalu memandang hal negatif dari hidup mereka.

Solusi: Bantulah melihat sisi positif dari dirinya. Jika tidak mau menerima, jangan biarkan hal negatif itu mempengaruhi Anda.

5. Paling sempurna

Orang seperti ini biasanya merasa lebih baik dan menarik daripada orang lain. Ia sangat menikmati aktivitas mengkritik dan menertawai orang lain.

Solusi: Bersikap sabar dengan perilakunya. Namun, jika mereka tidak berubah, sudah saatnya Anda untuk meninggalkannya.

6. Bangga mengumbar rahasia

Mereka sangat bangga menceritakan skandal dalam hidup dan senang melibatkan sebanyak mungkin orang dalam perdebatan.

Solusi: Bisa saja Anda dapat mendengarkannya. Namun bila mempengaruhi diri sendiri, segera menjauh.

7. Frustasi

Orang ini selalu merasa frustrasi dengan hidupnya dan melampiaskannya pada orang lain di sekitarnya. Bahkan, seringkali mereka mengambil kesimpulan yang irasional.

Solusi: Jika ia mulai merencanakan sesuatu yang gila katakan bahwa hal itu mengganggu Anda.

8. Sang Komentator

Orang seperti ini mengomentari semua yang terjadi dalam kehidupan orang lain. Seringkali, perkataan mereka menimbulkan perkelahian.

Solusi: Berhati-hatilah bila berada di sekitar orang tersebut dan berhati-hati dengan perkataan Anda.

 
The Doraemons 15/11/2010
 
Picture
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Doraemons (ザ☆ドラえもんズ, Za Doraemonzu) adalah judul sebuah manga yang dikarang oleh Doumei Tanaka dan diterbitkan oleh Shogakukan. Manga yang merupakan bagian dari serial manga Doraemon ini menceritakan kehidupan Doraemon dan enam robot dora lainnya ketika mereka masih belajar di akademi robot. Doraemon dan ke 6 dora terkenal dengan sebutan 7 dora-dora, 7 dora-dora memiliki reputasi sebagai kelompok robot yang terkenal akan kekuatan persahabatan mereka.

[sunting]1. Doraemon
  • Asal Negara : Jepang
  • Warna : Kuning (Saat disekolah robot), Biru (Masa kini)
  • Kemampuan : Kepala Batu & Mempunyai Kekuatan Khusus Jika Dalam Bahaya
  • Kelemahan : Takut Terhadap Tikus & Ceroboh
  • Nama Dalam Bahasa Jepang: ドラえもん Doraemon
  • Makanan Kesukaan : Dorayaki
  • Hubungan Istimewa : Mi-Chan
  • Letak Alat Ajaib : Kantong 4 Dimensi
Doraemon adalah robot pembantu yang diciptakan pada abad ke-21 bersama keenam teman-temannya yang lain. Saat masih bersekolah di sekolah pelatihan robot, Doraemon berwarna kuning dan memiliki telinga, tidak seperti sekarang. Ia menjadi robot pembantu di rumah kediaman keluarga Nobi pada abad ke-20. Doraemon mempunyai seorang adik perempuan bernama Dorami. Berbeda dengan kakaknya, Dorami adalah robot pembantu yang pintar dan mendapat posisi murid teladan di sekolah pelatihan robot setelah Wang Dora. Ia biasanya pacaran dengan Mi-Chan di atas genting-genting rumah sambil bernyanyi bersama.

Tidak seperti teman-temannya, Doraemon sendiri tidak memakai outfit atau pakaian untuk men-support penampilannya. Ia hanya robot kucing berwarna biru (atau kuning) biasa dengan aksen (atau tanpa) telinga, hidung, kumis panjang tiga pasang, sebuah bel dari kalung dilehernya, serta sebuah kantong 4 dimensi tempat ia menyimpan benda-benda ajaibnya. Meskipun tempat benda ajaibnya sangat mudah diraih, Doraemon tetaplah robot yang ceroboh, sehingga ia kadang membutuhkan waktu agak lama untuk mendapatkan benda ajaib yang tepat yang ia sedang butuhkan.


[sunting]2. Dorarinyo
  • Asal Negara : Brazil
  • Warna : Hijau Muda
  • Kemampuan : Ahli Sepak Bola
  • Kelemahan : Pelupa
  • Nama Dalam Bahasa Jepang: ドラリーニョ Dora Rinyo. Dalam Bahasa Inggris Namanya Dorarinho
  • Makanan kesukaan : Dorayaki Plus Saus Tabasco
  • Hubungan Istimewa : Tidak Ada (atau Tidak Diketahui)
  • Letak Alat Ajaib : Diambil oleh Pasukan Minidora
Ia adalah salah satu Robot Dora dari The Doraemons ini. Dia tinggal di Brazil bersama Nobinyo. Dari 7 dora-dora ini, dia adalah Robot Dora yang terpayah sejak sekolah pelatihan robot. Siapapun yang memberi tugas kepada Dorarinyo, dia pasti langsung lupa. Tapi dia juga pintar dalam permainan Sepak bola. Dia juga orang yang selalu terlambat melakukan sesuatu. Dorarinyo dan Doramed adalah dora yang tidak mempunyai hubungan istimewa dengan siapapun, walaupun ia sering berkencan dengan beberapa kucing. Dia memakai Pasukan Minidora untuk mengambil Alat Ajaibnya. Pada kisah "Minidora Jadi Banyak", dikisahkan ia lupa mematikan cermin pengganda Minidora sehingga Minidora menjadi ratusan. Setelah semua masalah berakhir, ia berjanji untuk tidak lupa mematikan cermin tersebut, namun pada malamnya ia tetap lupa sehingga Minidora kembali jadi banyak.

Dorarinyo memakai outfit khas pesepak bola untuk menunjang penampilannya. Ia memakai baju dan celana sepak bola dengan tulisan "Brazil" dibagian dada baju tersebut, sepasang headband dikedua lengannya serta sepasang sepatu lengkap dengan kaos kakinya. Seperti Dora lainnya, ia juga robot kucing biasa dengan telinga, hidung hitam bulat dan kumis yang mengumpul. Ia memakai sebuah scarf kecil yang dilingkarkan dilehernya dengan simbol bola ditengahnya. Ia juga selalu membawa 11 Minidora kemana-mana, dengan alasan agar ia bisa menggunakan alat ajaibnya dimana-mana. Padahal, alasan sebenarnya adalah agar ia dan Minidora tersebut bisa bermain bola dimana saja.

[sunting]3. El Matadora
  • Asal Negara : Spanyol
  • Warna : Merah
  • Kemampuan : Sangat Kuat
  • Kelemahan : Selalu Tidur Siang & Terkadang Bodoh
  • Nama Dalam Bahasa Jepang: エル・マタドーラ Eru Matadora
  • Makanan Kesukaan : Apa Saja Yang Dijual Ditokonya
  • Hubungan Istimewa : Carmen
  • Letak Alat Ajaib : Kantong 4 Dimensi
Ia yang biasa dipanggil Matadora adalah salah satu robot Dora dari The Doraemons ini. Dia tinggal di Spanyol dan bekerja sebagai pelayan di Toko Gyudon. Ia memiliki hubungan yang istimewa dengan anak pemilik toko itu, Carmen. Dia adalah Robot Dora yang terkuat diantara teman-temannya. Dia bernama Matadora karena ia seorang Matador di Spanyol. Dia juga merupakan Dora Super Hero yang paling populer oleh Spanyol. Ia cukup terkenal akan kekuatannya melawan kejahatan yang terjadi di Spanyol. Yang tahu wujud sebenarnya dari Dora Super Hero hanya keenam teman-temannya dan Carmen. Dia juga tangguh dan sering diandalkan temannya walau kadang bodoh. Dia memiliki kebiasaan yang sama seperti Nobita, yaitu tidur siang. Dia memakai kantong 4 Dimensinya untuk mengambil alat ajaibnya, seperti Doraemon.

Ia memakai outfit ala seorang matador. Ia memakai sebuah kaos berlengan panjang yang setara dengan warna tubuhnya yang merah, sebuah jubah matador yang ia kenakan menyatu dengan kaosnya tadi, serta sebuah topi diatas kepalanya. Menariknya, ia memiliki sepasang tanduk diatas kepalanya, seperti seekor banteng (dan mungkin hal ini disebabkan karena dia adalah seorang Matador). Kumisnya melengkung keatas dan pendek, serta berjumlah tiga pasang.

[sunting]4. Doranichov
  • Asal Negara : Rusia
  • Warna : Abu-abu
  • Kemampuan : Dapat Berubah Wujud Menjadi Serigala & Mampu Menyemburkan Api
  • Kelemahan : Tak Bisa Bicara
  • Nama Dalam Bahasa Jepang: ドラニコフ, Doranikofu
  • Makanan Kesukaan : Tidak Diketahui
  • Hubungan Istimewa : Nina
  • Letak Alat Ajaib : Scarf 4 Dimensi
Ia adalah salah satu Robot Dora dari The Doraemons ini. Dia tinggal di Siberia, Rusia sebagai pelayan rakyat. Dia dan Wang Dora adalah Dora yang memiliki hubungan istimewa tidak dengan kucing. Dia tidak bisa berbicara dan hanya mengaum seperti serigala (contohnya : "Grrrrr"). Sebab, dia adalah Robot yang memiliki kekuatan Serigala seperti yang aslinya, yang membuatnya bisa berubah menjadi Super Wolf adalah ketika dia melihat benda berbentuk bulat. Berlawanan dengan Dora The Kid yang diasumsikan sebagai Dora Paling Ekspresif, dia adalah Dora yang Paling Tidak Ekspresif, alias mempunyai ekspresi muka yang tetap. Ia juga adalah seorang yang biasanya ekspresi mukanya tetap, misalnya disaat keadaan sedang genting dan semua temannya panik, ekspresinya tetap tenang seolah tidak ada apa-apa. Biasanya ia mengeluarkan bola untuk mengubah dirinya sendiri menjadi serigala, dan meminum sebotol saos cabai untuk mengeluarkan api. Kemungkinan dia adalah yang terpintar kedua di The Doraemons setelah Wang Dora, dan bersaing dengan Dora The Kid. Scarf yang menutupi mulutnya adalah Scarf 4 Dimensi yang digunakan untuk mengambil alat ajaibnya.

Ia memakai outfit yang berbeda dari teman-temannya, yaitu outfit yang bersifat hangat. Mungkin ini dikarenakan ia tinggal di Rusia, dimana keadaannya selalu dingin. Ciri khasnya adalah ia memakai scarf tebal yang menutupi setengah dari mukanya (atau bagian bawah wajahnya), hingga mulutnya tidak terlihat dan kumisnya yang tiga pasang dan panjang (seperti Doraemon) hanya terlihat setengah. Ia memakai scarf tersebut seperti ini karena untuk menyembunyikan wajah serigalanya dan karena cuaca di Rusia yang dingin. Ia juga memakai bel, seperti Doraemon, Doramed, dan Wang Dora. Ia memakai celana panjang rakyat rusia, yang penuh menutupi kakinya, dan sebuah jubah tak berlengan plus sepasang sandal hangat. Seperti Wang Dora, Kid dan Matadora, ia memakai sebuah topi. Ia memiliki kumis kucing tiga pasang dan panjang seperti Doraemon.

[sunting]5. Wang Dora
  • Asal Negara : China
  • Warna : Oranye
  • Kemampuan : Sangat Cerdas, Penemu Obat, Ahli Hukum dan Kung Fu.
  • Kelemahan : Lemah Terhadap Wanita Cantik
  • Nama Dalam Bahasa Jepang: 王ドラ, Wan Dora
  • Makanan Kesukaan : Dorayaki plus Rayu
  • Hubungan Istimewa : Mimiko
  • Letak Alat Ajaib : Lengan Baju 4 Dimensi
Ia adalah salah satu Robot Dora dari The Doraemons ini. Dia tinggal di China untuk memberantas para penjahat di China. Dari 7 dora-dora ini, dia adalah Robot Dora yang terpintar sejak sekolah pelatihan robot, dan saingannya hanya Dorami, adik biologis Doraemon. Di China, dia terkenal akan kemampuan kungfunya yang hebat. Ia juga seorang yang berpikir realistis dan idealis, dan dia adalah Dora yang paling jarang berbuat bodoh kedua dari semua temannya (Doranichov adalah yang pertama alias yang paling atau sangat jarang berbuat bodoh). Ia juga Dora yang baik dan tidak bertindak ceroboh atau terburu-buru seperti Kid atau Matadora, dan ia selalu bersedia untuk menjelaskan hal-hal yang temannya tidak mengerti. Namun, dia memiliki kelemahan. Yaitu, lemah terhadap perempuan cantik. Dia jago dalam pertarungan menggunakan Otak. Seperti Doranichov, ia adalah Dora yang mempunyai hubungan istimewa tidak dengan kucing, namanya Mimiko. Dia menggunakan Lengan Baju 4 Dimensinya untuk mengambil alat ajaibnya.

Outfit yang dipakainya adalah sebuah baju merah panjang ala penjaga gerbang di China, lengkap dengan stable suit dan sebuah bel. Ia juga memakai sebuah celana panjang, namun ia tidak memakai alas kaki. Sebagai cirinya yang lain, ia memakai topi yang senada dengan warna bajunya. Ciri badannya sebenarnya sama dengan dora yang lain, hanya saja ia memiliki empat buah kumis kecil sepasang (hal ini cukup lucu karena pada dasarnya, kumis kucing hanya tiga pasang).

[sunting]6. Doramed Generasi Ke-3
  • Asal Negara : Asia Barat
  • Warna : Hijau Tua
  • Kemampuan : Ahli Sihir & Dapat Berubah Menjadi Raksasa
  • Kelemahan : Takut Terhadap Air & Gampang Marah
  • Nama Dalam Bahasa Jepang: ドラメッドⅢ世 Dorameddo San Sei Generation
  • Makanan Kesukaan : Dorayaki plus Freeze Dry
  • Hubungan Istimewa : Tidak Ada (atau Tidak Diketahui)
  • Letak Alat Ajaib : Lampu Jin 4 Dimensi
Ia yang biasa dipanggil Doramed adalah salah satu Robot Dora dari The Doraemons ini. Dia tinggal di Asia Barat untuk membantu warga yang kesulitan. Dari 7 Dora-dora, Doramed adalah satu-satunya yang paling takut terhadap air. Namun hal ini cukup wajar, karena pada dasarnya kucing takut pada air dan harimau lah yang tidak takut pada air. Dia memiliki kekuatan sihir yang lumayan hebat. Dia juga bisa menjadi besar setiap kali ia marah. Semakin besar amarahnya, semakin besar pula ukuran badannya. Namun, kemampuannya untuk membesar seperti raksasa sering disalahartikan oleh teman-teman doranya. Ia seringkali dipukuli agar marah agar teman-temannya dapat terselamatkan pada situasi tersebut, walaupun memang untuk alasan yang bagus. Dia juga dapat terpesona dengan perempuan cantik yang sedang kesulitan. Namun, belum diketahui dengan siapa ia memiliki hubungan istimewa. Yang menarik, ia menggunakan Lampu Jin 4 Dimensinya untuk mengambil alat ajaibnya.

Ia memakai outfit seperti yang dipakai Aladdin, yaitu sebuah topi bundar yang menutupi sebagian kepalanya, serta sebuah hiasan kecil diatasnya. Ia memakai pula baju dalam berwarna putih dengan aksen putih-merah, serta sebuah jubah panjang berjumbai-jumbai dibagian dada dan tangannya. Ia memakai juga celana putih panjang dan dilengkapi dengan sebuah sepatu melengkung keatas, persis seperti yang dipakai Aladdin. Kumisnya termasuk unik dan bisa dibilang satu-satunya, yaitu kumis mengumpul (seperti Dorarinyo) da keatas, serta berbentuk seperti tanda cek.

[sunting]7. Dora The Kid
  • Asal Negara : Amerika Barat
  • Warna : Kuning
  • Kemampuan : Sangat Pandai Menembak & Kuat
  • Kelemahan : Takut Terhadap Ketinggian & Keras Kepala
  • Nama Dalam Bahasa Jepang: ドラ・ザ・キッド Dora Za Kiddo
  • Makanan kesukaan : Dorayaki plus Mustard
  • Hubungan Istimewa : Dorami
  • Letak Alat Ajaib : Topi 4 Dimensi
Ia yang biasa dipanggil Kid adalah salah satu Robot Dora dari The Doraemons ini. Dia tinggal di Amerika Barat dan bekerja sebagai polisi/sheriff daerah setempat. Dari 7 Dora-Dora ini, Kid adalah Robot Dora yang hiperaktif alias paling aktif dan selalu siap bergerak, bisa apa saja, lumayan pintar (walau kadang-kadang juga bodoh), dan lainnya. Kid juga kemungkinan adalah yang terpintar ketiga dari The Doraemons, setelah Wang Dora dan Doranichov. Hanya saja, dia takut terhadap Ketinggian. Kid juga berperawakan lucu, dan mampu menyegarkan suasana disaat semua robot temannya sedang muram. Namun, Kid juga adalah Dora yang paling sering bertengkar dengan Dora lainnya (dan yang paling sering bertengkar dengannya adalah Matadora). Kid menjalin hubungan istimewa dengan Dorami, adik perempuan Doraemon. Kid biasanya memanggil Dorami dengan sebutan "Si Cerewet", karena Dorami pada dasarnya adalah robot kucing yang cerewet apabila melihat keteledoran, dan klop-nya, Kid adalah kucing yang lumayan teledor. Kid sangat ahli menembak, dan ia sangat dipercaya untuk menjadi sheriff dikotanya berasal karena kemampuannya.. Topi khas orang Amerika Barat yang dipakainya adalah Topi 4 Dimensi untuk mengambil alat ajaibnya.

Outfit yang dipakainya sangat mencerminkan seorang koboi, dan ciri khas utamanya adalah topi koboi yang dipakainya, sekaligus topi itu adalah letak alat-alat ajaibnya. Ia juga selalu memegang senapan ditangan kanannya disaat sedang bertugas sebagai sheriff dan senapan tersebut (entah bagaimana) akan selalu ada ditangannya apabila ada sesuatu yang gawat. Ia memakai scarf kecil berwarna biru yang digantungkan dilehernya dan dijuntaikan kedepan dadanya, dengan simbol bintang ditengahnya. Ia memakai vest yang berwarna merah-putih, serta sebuah ikat piggang. Dilengkapi dengan celana panjang putih dan sepasang sepatu koboi. Secara penampilan fisik, Kid sangat menyerupai Doraemon dari segi fisik dan warna. Yang membedakan keduanya (saat sekolah) jika Kid melepas pakaiannya adalah telinga dan kantong ajaib Doraemon, serta bel yang dipakai Doraemon.

 
 
Liputan6.com, Mekah: Melewati Bostwana, Zimbabwe, Mozambique, Malawi, Tanzania, Kenya, Turki, Suriah, dan Yordania, Nathim Caircross (28 tahun) dan Imtiyaz Ahmad Haron (25 tahun) mengayuh sepeda ke Arab Saudi. Setiap hari mereka harus mengayuh sejauh 80-100 km, bermula dari Cape Town, Afrika Selatan. "Mengayuh sepeda ke Kerajaan dari Cape Town adalah pengalaman yang melelahkan. Kami melakukan perjalanan dengan cara ini sehingga kita siap untuk menjalani kerasnya ibadah haji," kata Cairncross, yang berprofesi sebagai perencana kota, sepeti dikutip arabnews.com.

Di Cape Town mereka kuliah hukum Islam di sebuah universitas. Cairncross hobi berselancar angin, Haron hobi kickboxing dan mendaki gunung. Cairncross kemudian kursus perencanaan kota yang kemudian mengantarnhya kepada dunia kerja. Mereka mengaku bahagia begitu tiba di perbatasan Arab.

Mereka memulai perjalanan pada 7 Februari 2010. Ini adalah perjalanan haji pertama mereka. "Kami bisa naik pesawat, tapi kami menghargai perjalanan yang berbeda. Jadi kami memilih menggunakan sepeda kami. Bersepeda adalah kegiatan yang paling kami sukai," kata Cairncross.

Senja tiba, mereka akan mencari masjid atau memasang untuk beristirahat. Selepas Subuh, mereka melanjutkan perjalanan lagi. Selama perjalanan, Selama perjalanan,eka menemukan orang-orang yang ramah dan menyambut baik mereka. Orang-orang salut atas perjalanan haji mereka. Tawaran makan pun berdatangan selama di perjalanan

Mereka membawa bekal yang minim. Tawaran bantuan uang pun berdatangan kepada mereka. Di perbatasan Arab, petugas keamanan juga menyambut ramah dua jamaah yang harus pula turun naik pegunungan dengan mengayuh sepeda. Melewati sembilan negara selama sembilan bulan, mereka sering mengganti ban dan memperbaiki rantai sepeda. Masalah bahasa sedikit menjadi kendala dalam perjalanan mereka. Tapi, mereka bisa mengatasinya. Selesai berhaji, mereka akan pulang melalui Afrika Barat.(AN/ARI)

 
 
VIVAnews - Anda mungkin memiliki kerinduan bisa makan apapun makanan yang Anda inginkan tanpa harus takut menimbun lemak, terutamadi bagian perut.

Tentu saja ada jalannya untuk mencapai keinginan itu, yakni mengonsumsi makanan yang sehat dan tentu saja bergizi.

Nah, sekarang yang perlu Anda ketahui ialah makanan yang dapat mengakibatkan timbunan lemak berlebihan di tubuh Anda yang sebetulnya  dapat dihindari mulai sekarang. Dengan begitu Anda tetap bisa makan dengan nikmat tanpa takut kelebihan berat badan. Modernmom menyebut beberapa makanan itu.

Makanan cepat saji

Makanan yang kelebihan kalori dapat membuat Anda sulit melepaskan diri dari pakaian yang super besar. Laporan pada 2005 yang diterbitkan University of Minnesota School Of Public Health, menyebutkan konsumsi fast food dapat menyebabkan epidemi obesitas. Ini mungkin disebabkan oleh makanan dengan ukuran porsi besar, yang mengandung jumlah kalori yang berlebihan.

 

Beban glisemik dalam makanan berlemak, asin, dan manis juga dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Tapi, ini bukan berarti Anda tidak boleh sesekali mengonsumsi makanan cepat saji. Hanya saja yang perlu diingat, pastikan tetap memilih makanan yang sehat, rendah kalori, dan rendah lemak, seperti salad dan daging panggang.

Pemanis buatan

Jika Anda mencoba mengurangi lemak di badan, Anda sebaiknya mengurangi konsumsi minuman yang dibuat dengan pemanis buatan. Sebab, minuman jenis ini dapat merusak diet Anda. Sebuah studi 2004 Purdue University menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat menyebabkan tubuh kehilangan kemampuannya untuk mengukur asupan kalori. Para peneliti menyatakan bahwa penggunaan pemanis buatan bisa merusak hubungan antara rasa manis dan konsumsi kalori.

Makanan berlemak

Meskipun tubuh Anda membutuhkan lemak untuk tetap sehat, terlalu banyak lemak tidak bagus buat berat badan Anda. The US Department of Health and Human Services menyarankan untuk membatasi asupan asam lemak jenuh hingga kurang dari 10 persen dari asupan kalori harian. Jumlah lemak sebaiknya di bawah 35 persen dari asupan kalori harian.  Terlalu banyak lemak dalam diet Anda mungkin sama dengan terlalu banyak kalori.

Minuman bersoda

Menurut Ilmu Kesehatan Northwestern University, orang yang kelebihan berat badan biasanya yang mengonsumsi minumam soda yang berlebihan. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa peminum bersoda memiliki risiko 60 persen lebih besar untuk meningkatkan berat badan daripada mereka yang minum soda pop sangat sedikit.

 
 
Itu merupakan tanggal pada bulan oktober 2010, buat sebagian orang tanggal tersebut dijadikan momentum untuk perubahan dalam kehidupan antara lain dengan menikah. Termasuk oleh teman kuliah satu kelas saya, Danti Yulianti, semoga keberkahan selalu menghampiri keluarga Danti kelak. Amin.

Ini ada artikel menarik tentang tangaal tsb, yang saya sunting dari media online. Boleh dibaca deh :)

Judulnya :
"Ramai-Ramai Nikah Tanggal 10-10-2010"

BANDUNG (Pos Kota) – Ratusan calon pengantin di Kota Bandung, ramai-ramai memesan ‘kaveling’ ke kantor urusan agama (KUA) supaya bisa melangsungkan pernikahannya pada  tanggal 10-10-2010 nanti. Meski masih memiliki waktu dua hari lagi, namun jumlah pemesan masih terus berdatangan.

Sementara itu, kalangan artis dan presenter bekan, seperti Indra Bekti juga akan melangsungkan pernikahan pada tanggal tersebut di Jakarta.

“Calon pengantin itu pada dasarnya hanya minta dilangsungkan akad nikah pada tanggal 10. Menurut mereka itu merupakan hari dan tanggal tergolong cantik,” kata sejumlah petugas KUA menirukan alasan calon pengantin, Kamis

Menghadapi tanggal 10 bulan 10 dan tahun 2010 jumlah calon mengantin yang akan menikah di Bandung mengalami peningkatan. Dari jumlah 30 KUA yang ada di kota ini tercatat sudah ratusan orang yang menginginkan nikah di tanggal tersebut.Berdasar pemantauan, jumlah angka calon pengantin mengalami peningkatan. Setiap KUA mencatat hingga Kamis, setiapo KUA sudah memiliki rata-rata 15 calon pengantin yang akan dinikah pada tanggal cantik itu.

“Kenaikan jumlah yang akan nikah pada tanggal itu di setiap KUA mengalami kenaikan.Pokoknya hampir 300 calon pengantin minta dinikah pada tanggal tersebut,” kata petugas pencatat nikah di sejumlah KUA di Bandung.

Kepala KUA Kecamatan Sumur Bandung, Luki Sugiarto, menyebutkan, dalam hari normal jumlah calon pengantin yang mendaftar akan menikah paling banyak 3 pasangan. Namun, memasuki tanggal 10 bulan 10 tahun 2010 jumlah itu mendadak naik. ” Kami pada tanggal itu akan menikahkan 8 pasangan pengantin. Jumlah itu kemungkinan akan bertambah karena masih ada waktu,”.

Luki mengakui, menjelang tanggal cantik jumlah calon pengantin yang mendaftar untuk nikah di setiap kantor KUA mengalami kenaikan. Di KUA yang padat penduduk jumlah calon pengantin mendadak tinggi hingga mencapai 20 pasangan yang mendaftar untuk nikah. ” Mereka sudah memesan supaya bisa diniklahkan pada tanggal cantik. Kami terpaksa harus bekerja keras dalam sehari itu,” ujarnya.

Ramainya calon pengantin yang meminta supaya dinikahkan pada tangga tersebut, menurut Luki, diduga kuat karena tanggal dan bulan serta tahun seragam sehingga kelihtannya cantik.Dengan sedang semaraknya nomor cantik, animo calon pengantin yang ingin menikah cukup tinggi.

” Kami memprediksi menikahkan pengantin pada tanggal cantik itu akan berlangsung hingga larut malam sebelum pukul 24.00. Dan mereka sudah bersedia, yang penting jangan lewat tanggal tertsebut,” akunya.
===

Sahabat pembaca, mengambil momen tersebut sebagai apa?tangaal 10-10-2010?
yaaah klo menurut saya angka yang cantik untuk tahun ini ialah tanggal 20-10-2010, cantik bukan :D

 
Passive Voice 27/09/2010
 
Kalimat aktif merupakan kalimat yang subjek kalimatnya adalah pelaku sebuah tindakan, sedangkan kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya bukan pelaku suatu tindakan. Si subjek adalah si penerima akibat dari sebuah tindakan.

Bandingkan kalimat-kalimat berikut:
  • Aktif : Susi mengetik surat ini kemarin
  • Pasif : Surat ini diketik oleh Susi kemarin
  • Aktif : Kucingku membunuh seekor tikus
  • Pasif : Seekor tikus dibunuh oleh kucingku
Catatan:
Gunakan bentuk pasif jika pelaku tindakan tidak begitu penting.

Contoh:
  • Menara ini dibangun tahun 1955
Kalau kita perlu menyebut siapa pelaku suatu tindakan, gunakan kata oleh (by)

Contoh:
  • Menara ini telah dibangun oleh Pemerintah Daerah pada tahun 1955
Rumus umum untuk membentuk suatu kalimat Pasif
  • Aktif : S + Verb (Kata Kerja) + Objek + dll
  • Pasif : Objek + to be + Verb 3 (Kata Kerja Bentuk III) ( + by subjek) + dll
To be yang digunakan
  1. Present : is, am, are
  2. Past : was, were
  3. Perfect : been (di depan have, has, atau had)
  4. Future : be (setelah modals)
  5. Continuous : being (di depan salah satu dari 7 to be di atas)
Hal-hal yang perlu diketahui dan diingat
  1. Untuk menyatakan suatu kalimat dalam bentuk pasif, tenses tidak berubah. Tenses harus sama dengan kalau kita menyatakannya dalam bentuk aktif. Yang berubah hanya kata kerja-nya.
  2. Kata kerja yang tidak memiliki objek (Kata Kerja Intransitif) tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif, seperti, menangis, mendidih, terbit, dll.
Contoh-contoh kalimat aktif dan pasif
  1. Jack sings a song (active)
  2. A song is sung by Jack (Passive)
  1. Jack sang a song yesterday (active)
  2. A song was sung by Jack yesterday (passive)
  1. Jack has sung a song (active)
  2. A song has been sung by Jack (passive)
  1. Jack will sing a song (active)
  2. A song will be sung by Jack (passive)
  1. Jack is singing a song (active)
  2. A song is being sung by Jack (passive)
  1. Jack can sing a song (active)
  2. A song can be sung by Jack (passive)
Beberapa Bentuk Kalimat Passive

1) Passive Imperative Sentence

Rumus:

Let + objek + be + Kata Kerja Bentuk III
  • Help the poor (active)
  • Let the poor be helped (passive) 
2) Passive Infinitive: It is/was time

Rumus:

It is/was time for + objek + to be + kata kerja III
  • It is time to send the letter (active)
  • It is time for the letter to be sent (passive)
3) Negative Passive Imperative Sentence

Rumus:

Subjek + be + Kata kerja III + not to + infinitive


(kata kerja III yang sering digunakan adalah: advised, asked, begged, commanded, requested)
  • Don�t wait for me (active)
  • You are advised not to wait for me (passive)
4) Passive Sentence with Verbs of Perception

RumusSubjek + be + adjectives + when + subjek + be + kata kerja III

(kata kerja yang digunakan adalah: taste, smell, feel)
  • This food tastes delicious (active)
  • This food is delicious when it is tasted (passive)
5) Passive Sentence with Certain Verbs followed by �that-clause�

Kata kerja yang digunakan adalah: accept, admit, agree, assume, believe, decide, expect, find out, intend, plan, point out, presume, prove, regret, report, say, think, understand.
  • We regretted that the principal had to resign from office (active)
  • It was regretted that the principal had to resign from office (passive)
6) Passive Sentence with Nouns or Adjectives as Complements
  • I consider her very pretty (active)
  • She is considered very pretty (passive)
7) Passive Sentence with two objects
  • He gave me a book (active)
  • A book was given to me by him (passive 1)
  • I was given a book by him (passive 2)
8) Passive Sentence with Gerund Verbs
  • The teacher enjoyed teaching the students (active)
  • The students enjoyed being taught by the teacher (passive)
9) Agent consisting long expression at the end of sentence

Dalam kalimat pasif, jika pelaku terdiri dari ekspresi yang panjang, sebaiknya subjek tersebut ditempatkan di akhir kalimat setelah by.
  • We were all surprised by her sudden announcement to get married
  • I was confused by his plan to stop the ongoing project and begin a new one.
10) Passive Sentence with unique verbs

Kata kerja yang digunakan adalah: require, deserve, need
  • This wall needs to be painted (sama dengan)
  • This wall needs painting
 
Auxiliary Verbs 27/09/2010
 
Auxiliary (Kata Bantu) digunakan bersama-sama dengan kata kerja lainnya untuk membantu mengekspresikan arti, atau khususnya mempunyai fungsi gramatikal. Di bawah ini akan kami jelaskan secara terperinci tentang Auxiliary Verbs. Selamat Belajar

Macam-macam Auxiliary Verb
  1. is, am, are
  2. be, been, being
  3. was, were
  4. do, does, did
  5. have, has, had
  6. can, could
  7. will, would
  8. may, might
  9. shall, should
  10. must
  11. ought to
  12. need, dare
Penggunaan Auxiliary Verb

1. Linking Verbs

Adalah kata kerja bantu yang berfungsi untuk menghubungkan antara subyek dan predikat. Adapun kata kerja bantu yang dapat berfungsi sebagai linking (copulative) verb yaitu: To Be = (am, is, are, was, were, be, being dan been).

Contoh:
  1. She was at my house yesterday
  2. I am a doctor
2. To do, does, did dan done
  • Dapat berfungsi sebagai kata kerja biasa yang berarti mengerjakan.
Contoh:
  1. She did her homework yesterday.
  2. 1 do my homework every day.
  • Sebagai kata kerja bantu dalam membentuk kalimat tanya, kalimat menyangkal (negative), atau jawaban singkat.
Contoh:
  1. Did you go to church yesterday?
  2. Does he come to your house?
  3. Do you know about Anne? Yes, I do.
3. Have � has dan had

  • Berfungsi sebagai kata kerja biasa yang berarti "mempunyai".
Contoh:
  1. I have a new care.
  2. She has much money.
  3. He had two cars last year.
  • Sebagai kata kerja bantu dalam membentuk Tense, misalnya present perfect tense, past perfect tense dan sebagainya.
Contoh:
  1. She has bought a new car.
  2. He had studies French.
  3. She has been working here for 12 years.
Penggunaan Modal Auxiliary

Catatan:
  1. Dalam sebuah kalimat tidak boleh ada dua buah modal auxiliary. Kalau Anda dihadapkan dengan 2 buah modals (Dalam bahasa Indonesia, misalnya, "saya harus bisa ..." maka modals yang kedua, harus diubah ke bentuk lain yang mempunyai sama arti.
  2. Kata Kerja sesudah modal auxiliaryharus bentuk pertama.
CAN

Dipakai untuk menyatakan:

1. Kesanggupan atau kemahiran seseorang.

Contoh:
  1. She can sing beautifully.
  2. 1 can speak English.
2. Minta izin.

Contoh:
  1. Can I borrow your book?
  2. Can I come to your house?
3. Kemungkinan.

Contoh: 
  1. She can be at home at noon.
  2. He can be ill. (mungkin dia sakit).
COULD

Adalah bentuk Past Tense dari CAN dan bentuknya sama untuk semua subyek. Namun dalam penggunaannya tidak selamanya berarti past time (masa lalu).

COULD dipakai untuk menyatakan:

1 Bentuk lampau dari Can.

Contoh:
  1. Mary could sing a song when she was young.
  2. She could not come here yesterday because she was ill.
2. Permintaan dengan sopan.

Contoh:
  1. Could you help me now?
  2. Could you take that book for me?
3. Kemungkinan.

Contoh:
  1. She could be at home now, but she usually plays volleyball.
  2. He could be very busy at that time.
SHALL

Digunakan untuk menyatakan:

1. Artinya "akan" dalam bentuk Future Tense.

Contoh:
  1. I shall go to London tomorrow. (Saya akan pergi ke London besok).
  2. We shall buy a new motorcycle next week.
2. Menawarkan Bantuan.

Contoh:
  1. Shall I open the window?
  2. Shall I make coffee for you?
3. Janji.

Contoh:
  1. You shall have a motorcycle.(Saya janjikan anda akan dapat mempunyai sepeda motor).
  2. I shall meet her tomorrow.
SHOULD

Digunakan untuk menyatakan:

1. Bentuk lampau dari shall.

Contoh:
  1. When he come to my house I should go.
  2. I should visit to your house before you came to my house.
2. Anjuran (Artinya "sebaiknya").

Contoh:
  1. You are ill, you should go to the doctor soon.
  2. She is tired, she should take a rest.
3. Keharusan

Dalam hal ini SHOULD sama artinya dengan Ought to.

Contoh:
  1. You should (ought to) do your homework every day.
  2. He should (ought to) study hard.
4. Dalam bentuk lampaunya berarti menunjukkan suatu kegiatan yang seharusnya dikerjakan tetapi kenyataannya tidak dikerjakan. Atau dapat juga berarti penyesalan dimasa lampau.

Contoh:
  1. You should (ought to) have studied hard before take an exam. = Anda seharusnya belajar dengan keras sebelum mengikuti ujian. (Dalam kenyataannya Anda tidak belajar dengan keras, tetapi tetap mengikuti ujian).
  2. John should (ought to) have gone to the dentist yesterday. (Dalam kenyataannya John tidak pergi ke dokter gigi kemarin - he did not go).
WILL

Digunakan untuk menyatakan:

1. Artinya "akan" dalam bentuk Future Ssimple Tense, dan sama dengan to be going to.

Contoh:
  1. I will go to Jakarta next week. (=I am going to Jakarta next week).
  2. She will come here soon.
2. Permintaan dengan sopan atau menawarkan.

Contoh:
  1. Will you carry that bag for me?
  2. Will you go with me?
WOULD

Digunakan untuk menyatakan:

1. Bentuk lampau dari Will yang berarti "akan".

Contoh:
  1. He would be punished before he escaped.
  2. She knows that it would be pleasant in Bali.
2. Suatu permohonan/permintaan dengan sopan.

Contoh:
  1. Would you please help me?
  2. Would you mind closing the window?
3. Jika digabung dengan kata LIKE menunjukkan hasrat atau keinginan.

Contoh:
  1. I would like to eat.
  2. Would you like to go there?
4. Digabung dengan kata "rather" menunjukkan arti Lebih suka (prefer).

Contoh:
  1. I would rather be a doctor than a president.
  2. I would rather have stayed home than went to the movies.
MAY

Kata kerja bantu yang berarti "boleh/mungkin" yang digunakan untuk menyatakan:

1. Permohonan izin.


Contoh:
  1. May I borrow your motorcycle? Yes, you may. (Bolehkah aku pinjam sepeda motormu?)
  2. May I go home now? No, you may not. (Bolehkah aku pulang sekarang?)
  3. Henry may be late. (Mungkin Henry terlambat).
2. Permohonan atau harapan.

Contoh:
  1. May you both the happy. (Mudah-mudahan Anda berdua bahagia).
  2. May God bless you. (Mudah-mudahan Tuhan memberkati Anda).
MIGHT

Bentuk lampau (past tense) dari MAY, namun pemakaiannya jugs dapat untuk mass kini atau mass datang.

Contoh:
  1. Alex might be late yesterday. (Mungkin Alex terlambat kemarin).
  2. Please take an umbrella with you, It might rain. (Bawalah payung, hari mungkin hujan).
  3. I told him that he might go home. (Saya beritahukan kepadanya bahwa ia boleh pulang).
  4. You might try to be more careful.
MUST

Kata kerja bantu yang berarti harus atau wajib, digunakan untuk menyatakan:

1. Keharusan/mesti.

Contoh:
  1. You must go now. (Anda harus pergi sekarang!)
  2. I must do my homework soon. (Saya harus segera mengerjakan peker aan rumahku).
  3. She must study hard. (Dia harus belajar keras).
2. Dalam kalimat menyangkal (negatif) dan membuat jawaban dari kalimat tanya, selalu digunakan NEED NOT atau Needn't bukan musn't (must not).

Contoh:
  1. Must I go now? Yes, you must atau yes, you need.
  2. Must she pay it? No, she needn't.
  3. You needn't go now. (Anda tidak perlu pergi sekarangbukan musn't.
  4. She need not come here. again. (Dia tak perlu lagi datang ke sini).
3. Must not (musn't) menunjukkan (berarti) larangan atau tidak boleh.

Contoh:
  1. You must not smoke in the class. (Anda dilarang merokok di dalam kelas).
  2. Susan mustn't go there alone. (Susan tidak boleh (dilarang) pergi ke sana sendirian).
4. Must = Have to (she/he has to) berarti harus.

Contoh:
  1. You must (have to) read this book. (Anda harus membaca buku ini).
  2. She must (has to) go to school today. (Dia harus ke sekolah hari ini).
  3. They must (or have to) work hard. (Mereka harus bekerja keras).
5. Must tidak mempunyai bentuk Past Tense. Bentuk lampau yang berarti "harus/mesti" adalah HAD TO, dan bentuknya sama untuk semua obyek.

Contoh:
  1. I had to meet my sister yesterday. (Saya kemarin harus berjumpa saudara perempuanku).
  2. She had to leave for Jakarta last week. (Dia harus meninggalkan Jakarta pekan lalu).
OUGHT TO = SHOULD

1. Kata kerja bantu yang artinya sebaiknya atau seharusnya.

Contoh:
  1. She ought to be here now. (Dia seharusnya ada di sini sekarang).
  2. Ought she to come here again? (Haruskah dia datang ke sini lagi?)
  3. She asked me what ought to be typed. (Dia bertanya kepadaku apa yang harus diketik).
2. Menyatakan tugas/pekerjaan yang tidak terselesaikan/terpenuhi atau terabaikan. Biasanya dalam bentuk Perfect Infinitives

Contoh:
  1. The work ought to have been finished last week. (Pekerjaan itu seharusnya sudah diselesaikan pekan lalu).
  2. You ought not (oughtn't) to have crossed the road when the lights were red. (Anda seharusnya tidak menyeberang jalan ketika lampu berwarna merah).
  3. You ought to have told him that the paint on that seat is wet. (Anda seharusnya sudah memberi tahu dia bahwa cat pada tempat duduk itu masih basah).
NEED

Need artinya "Perlu" dan digunakan sebagai:

1. Untuk membuat kalimat negatif dan jawaban dari pertanyaan yang memakai MUST

Contoh:
  1. I must go now.     (Positif).
  2. I needn't go now. (Negatif). bukan: I mustn't go now, karena kalimat ini berarti.: (Saya dilarang pergi sekarang).
  3. Must I go now? No, you needn't atau Yes, you must.
2. Sebagai kata kerja biasa yang berarti "perlu" dan mengalami perubahan bentuk.
  1. need � needs    (Present Tense)
  2. needed �          (Past Tense).
Dalam hal ini, bentuk interrogative dan negative-nya dibuat dengan auxiliary verb "do/does" untuk present tense, dan dengan "did" untuk past tense, sebagaimana umumnya kata kerja biasa.

Contoh:
  1. They need some milk.
  2. They don't need any milk.
  3. Do they need any milk?
  4. She doesn't need much money.
  5. Did Ali need to meet with you?
  6. Ali didn't need to go with you.
  7. Ali need to go with you.
DARE

Artinya "berani" dan digunakan sebagai:

1. Kata kerja bantu

Contoh:
  1. He dare go there alone. (Dia berani pergi sendirian ke sana)
  2. Dare he do it?
  3. I dare not to climb the tree.
Catatan:

"DARE" jika berfungsi sebagai Kata Kerja Bantu tidak memakai "S" untuk orang ketiga tunggal, jadi untuk kalimat nomor I, bukan: She/He dares.

2. Kata kerja biasa

Kalau DARE berfungsi sebagai kata kerja biasa, maka pemakaiannya sama seperti kata kerja biasa lainnya, yaitu dalam kalimat tanya dan negatif menggunakan auxiliary verb. Do/Does atau Did.

Contoh:
  1. She doesn't dare to go there alone.
  2. Does he dare to come here again?
  3. I don't dare to climb the tree.
Dalam bentuk past tense, Dare mempunyai dua macaw bentuk yang dapat dipakai untuk kalimat tanya atau kalimat negatif .

Contoh:
  1. He dared not to go there alone yesterday, atau He didn't dare (to) go three alone.
  2. Dared he go there alone? atau Did he dare (to) go there alone?
  3. She dared not visit me last week, atau She didn't dare (to) visit me last week
 
GERUNDS 27/09/2010
 
Gerunds atau verbals atau verbal nouns adalah kata kerja berbentuk ing yang dipakai sebagai kata benda.

A. Bentuk

Gerund dibentuk dari : kata kerja + ing (V1 + ing)

Misalnya: smoking, shoping, hunting dan sebagainya.

Bentuk gerund adalah sama seperti bentuk present participle, dan keduanya merupakan bagian dari kata kerja. Perbedaannya gerund merupakan sejenis kata benda, tetapi present participle adalah semacam kata sifat. Oleh karena itu, meskipun serupa tetapi keduanya sangat berbeda dalam sifatnya.

Gerund mempunyai empat macam bentuk :

Tense

Present or continuous

Perfect



active

doing

having done



Passive

being done

having been done





B. Sifat

Sifat ganda gerund:

Gerund merupakan part of speech ganda. Suatu kata benda dan kata kerja yang digabungkan. Oleh karena itu, kita harus menjelaskannya dalam tiap sifat ini :

1) Sebagai kata benda

2) Sebagai bagian kata kerja



C. Pemakaian

1) Karena gerund merupakan sejenis kata benda, maka ia dapat digunakan sebagai berikut :



a) Sebagai subjek untuk kata kerja

contoh: Sleeping is necessary to life



b) Sebagai objek untuk kata kerja

contoh: I don’t like smoking



c) Sebagai komplemen untuk kata kerja

contoh: My chief delight is riding



d) Sebagai objek untuk preposisi

contoh: He gave up smoking



2) Gerund dengan objek

Karena gerund adalah bagian kata kerja, ia dapat menggunakan objek di belakangnya.



a) Objek langsung

contoh: He is clever at teaching mathematics (mathematics = objek langsung)



b) Objek tak langsung

contoh: He is clever at teaching us mathematics (us = objek tak langsung)



c) Objek yang tetap dipertahankan dalam kalimat pasif

contoh: She is pleased at being taught mathematics



d) Objek yang artinya mirip dengan kata kerja itu sendiri

contoh: She is proud of having sung a fine song



e) Objek refleksif

contoh: She is in the habit of oversleeping herself



3) Gerund dengan genitif

Kata benda atau kata ganti, asalkan menunjukkan orang atau binatang, haruslah dalam kasus genitif, bilamana kata benda atau kata ganti itu diletakkan di depan gerund.

Contoh: I am pleased at your coming



Perhatikan :

a) Pemakaian gerund yang didahului kata benda atau kata ganti genitif yang berikut ini kadang-kadang terjadi :

Contoh: This was a creative work of my doing



b) Kadang-kadang huruf “a” diletakkan di depan gerund dalam pengertian preposisi. Di sini “a” merupakan perubahan atau singkatan dari preposisi on :

Contoh:

The man has gone a-hunting

He has gone a-fishing



4) Yang memiliki bentuk ing, selain gerund, masih ada present participle dan kata benda asli, haruslah kita bedakan dengan jelas.

a) A sleeping carriage (a carriage used for sleeping), di sini sleeping merupakan gerund



b) A sleeping child (a child that is sleeping), di sini sleeping merupakan present participle yang dipakai sebagai kata sifat



c) Rising early is good for health, di sini rising adalah kata kerja yang diterangkan kata keterangan early, merupakan gerund yang berfungsi sebagai subjek.



d) Early rising is good for health, di sini rising diterangkan oleh kata sifat early, dengan demikian rising adalah part of speech dan merupakan kata benda asli.



5) Gerund dalam bentuk present perfect:

Contoh:

He regrets having done so (he regrets that he has done or did so)

He regretted having done so (he regretted that he had done so)



Gerund dan bukan infinitive harus dipakai:

a) Sesudah preposisi atau ungkapan berpreposisi :

Without, etc + gerund

Contoh: Do your work without speaking. Kerjakanlah pekerjaanmu tanpa berbicara



Look forward to + gerund

Contoh: I look forward to seeing you soon. Saya mengharapkan dengan senang hati menemui anda segera



Instead of, etc + gerund

Contoh: You had much better work instead of idling away your time. Sebaiknya Anda bekerja daripada buang-buang waktu



b) Sesudah kata-kata yang secara tetap menggunakan preposisi :

Fond of + gerund

Contoh: He is always fond of hunting. Ia selalu suka berburu



Insist on + gerund

Contoh: He insisted on going to Kudus. Ia bersikeras untuk pergi ke Kudus



Object to + gerund

Contoh: I object to smoking. Saya keberatan merokok



Prevent from + gerund

Contoh: I was prevented from going because of illness. Saya terhalang pergi karena sakit



Succeed in + gerund

Contoh: He succeeded in solving the problem. Ia berhasil memecahkan masalah itu



Think of + gerund

Contoh: I often think of going to France. Saya sering bermaksud pergi ke Perancis



Tired of + gerund

Contoh: I’m tired of eating foreign food every day. Saya bosan makan makanan asing tiap hari



Used to + gerund

Contoh: I’m used to getting up early. Saya biasa bangun pagi-pagi



c) Sesudah katakata kerja tertentu

Avoid + gerund

Contoh: We can’t avoid making mistakes. Kita tak dapat menghindari membuat kesalahan



Can’t bear + gerund

Contoh: He can’t bear being laughed at. Ia tak dapat tahan ditertawakan orang



Can’t help + gerund

Contoh: I can’t help laughing. Saya tak dapat menahan tertawa



Catatan 1 :

Cannot help dan cannot but mempunyai arti yang sama tidak dapat menahan, tetapi pemakaiannya berbeda. Cannot help diikuti oleh gerund tetapi cannot but diikuti oleh infinitive tanpa to.

contoh :

I cannot but laugh



Can’t stand + gerund

Contoh: She can’t stand being laughed at. Ia tak tahan ditertawakan orang



Delay + gerund

Contoh: I delayed answering you owing to pressure of work. Saya menunda untuk menjawab anda karena sibuk



Enjoy + gerund

He enjoys playing a game of football. Ia senang sekali bermain sepak bola



Catatan 2 :

Kata-kata kerja yang berarti “to like” atau “to dislike” boleh diikuti infinitive atau gerund.

Contoh:

He likes reading English literature (he likes to read English literature). Ia suka membaca

kesusastraan Inggris

She dislikes swimming (he dislike to swim). Ia tak suka berenang



Escape + gerund

Contoh: He narrowly escaped drowning. Ia nyaris tenggelam



Finish + gerund

Contoh: I haven’t finished speaking. Saya belum selesai berbicara



Catatan 3 :

Kata kerja yang berarti “to begin” diikuti oleh infinitive atau gerund



Go on (= continue) + gerund

Contoh: The rain went on falling all night. Hujan terus turun sepanjang malam



Keep (on) + gerund

Contoh: He was kept waiting a long time, but he kept his temper. Ia dibiarkan menunggu lama, tetapi ia menahan amarahnya



Mind (= object to) + gerund

Contoh: Would you mind shutting the window? berkeberatankah anda menutup jendela itu?



Miss + gerund

Contoh: He narrowly missed getting killed. Ia nyaris terbunuh



Postpone + gerund

Contoh: I shall postpone writing till I learn full particulars. Saya akan menunda menulis surat sampai saya mendengar/mengetahui data yang lengkap



Remember + gerund

Contoh: I remember meeting you at the theatre. Saya ingat pernah menjumpai anda di dalam gedung bioskop



Stop + gerund

Contoh: My watch stopped ticking. Jam saya mati



Understand + gerund

Contoh: He understands managing his business. Ia mengerti bagaimana mengurus bisnisnya



d) Sesudah kata-kata sifat tertentu

Busy + gerund

Contoh: I am busy writing letters. Saya sibuk menulis surat



Worth + gerund

Contoh: This book is worth reading. Buku ini patut dibaca



e) Sesudah ungkapan-ungkapan tertentu

It is no use + gerund

Contoh: It’s no use begging like a beggar. Tak ada gunanya meminta-minta seperti orang minta-minta



It is no good + gerund

Contoh: It’s no good getting angry at once. Tak ada gunanya segera menjadi marah



There is no + gerund

Contoh: There’s no getting around it. Hal itu tak dapat dielakkan



There is no harm in + gerund

Contoh: There’s no harm in trying. Tak ada ruginya bila mencoba



Have the pleasure of + gerund

Contoh: I had the pleasure of meeting him. Saya senang sekali bertemu dengannya



Take pleasure in + gerund

Contoh: He takes pleasure in visiting the sick. Dengan senang hati ia mengunjungi orang sakit



To be interested in + gerund

Contoh: He was interested in learning more about my work. Ia berminat belajar lebih banyak tentang pekerjaanku



To be ashamed of + gerund

Contoh: The girl was ashamed of having been beaten in class by her brother. Gadis itu malu karena telah dipukul di kelas oleh saudara laki-lakinya



Gerund dipakai pada papan tanda yang menyatakan suatu larangan, yaitu sesudah no

Contoh:

No, talking! diamlah!

No, passing! dilarang melintas!

No, smoking! dilarang merokok!

No, spitting! dilarang meludah! etc.



Dipakai dalam ungkapan

Contoh: Seeing is believing. Kalau sudah melihat baru percaya



D. Gerund sejenis kata benda abstrak

Gerund sebenarnya merupakan sejenis kata benda abstrak dan mempunyai arti yang sama seperti abstract noun atau seperti noun infinitive:



Gerund Sleeping is necessary to health

Abstract Noun : Sleep is necessary to health

Noun infinitive To sleep is necessary to health



Ketiga kalimat tersebut di atas semuanya berarti suatu hal yang sama yaitu tidur perlu untuk kesehatan.

 
 
Untukmu Perindu Akhirat

Dalam sebuah hadits dinyatakan “Sesungguhnya apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia menyeru Jibril dan berkata: 'Wahai Jibril, sesungguhnya Aku mencintai fulan, maka cintailah ia'. Maka Jibril pun mencintainya. Kemudian Jibril menyeru kepada penduduk langit: 'Sesungguhnya Allah mencintai fulan, maka cintailah ia'. Maka penduduk langit pun mencintainya. Kemudian ditanamkanlah kecintaan padanya di bumi. Dan sesungguhnya apabila Allah membenci seorang hamba, maka Dia menyeru Jibril dan berkata : 'Wahai Jibril, sesungguhnya Aku membenci fulan, maka bencilah ia'. Maka Jibril pun membencinya. Kemudian Jibril menyeru kepada penduduk langit: 'Sesungguhnya Allah membenci fulan, maka bencilah ia'. Maka penduduk langit pun membencnya. Kemudian ditanamkanlah kebencian padanya di bumi.” (HR. Bukhari Muslim)