VIVAnews - Tak dapat dipungkiri, sesi wawancara merupakan momen sangat mendebarkan, bahkan menakutkan bagi sebagian orang. Pasalnya, sesi ini termasuk yang menentukan apakah Anda diterima bekerja atau sebaliknya.

Tapi, jangan langsung minder dan gugup. Dengan strategi berikut ini, Anda dapat tampil mengesankan saat diwawancara, sehingga pewawancara bisa 'jatuh cinta' pada penampilan dan peforma Anda:

1. Siapkan Mental

Dalam menghadapi situasi menegangkan saat wawancara, Anda harus bisa tentang dan relaks. Tujuannya, agar Anda tidak gugup, bingung, bisa mengontrol kalimat apa yang keluar dari mulut, dan tak ada data atau informasi tentang diri Anda yang terlupakan. Maka, siapkan mental Anda untuk sesi ini. Pastikan ketika nama dipanggil, Anda sudah siap 100%.

2. Perhatikan sikap dan kemampuan verbal Anda

Sikap dan cara bicara Anda mencerminkan karakter dan kepribadian Anda. Maka buatlah kesan positif setiap kali menjawab pertanyaan dari pewawancara. Usahakan bersikap sopan dan profesional.

Selain itu, bicaralah dengan jelas dan mantap. Jangan redam suara Anda, namun jangan pula berbicara dengan nada tinggi.

3. Siapkan data penting diri

Diterima tidaknya lamaran pekerjaan Anda, juga tergantung pada track record dan latar belakang pendidikan serta pengalaman Anda. Sebelum wawancara, pastikan semua data yang dibutuhkan, telah ada pada Anda. Buat pewawancara Anda terkesan, dengan menjawab semua yang ditanyakan dengan baik dan benar. Jangan berdusta, karena akan berakibat fatal di belakang hari.

Baca juga: Profesi Teraneh di Dunia

Diasuh oleh:

Kevin Wu, Managing Director CoreAction Result Consulting, telah membantu beberapa perusahaan di tanah air melipatgandakan hasil hanya dalam waktu yang relatif singkat dengan metode management yang simple dan aplikatif. Tidak berlebihan jika banyak pihak yang menyebutnya sebagai "Result Consultant".

Info lebih lengkap silahkan klik www.thecoreaction.com, www.qi-leadership.com atau email info@thecoreaction.com

 


Comments


Your comment will be posted after it is approved.


Leave a Reply